Tim Mobile Unit UTD RSU Ampana Fasilitasi Donor Darah Di Polres Touna

Ampana, Tim Mobile Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah Ampana melakukan fasilitasi donor darah pada rangkaian kegiatan Bhakti Kesehatan menyambut Hari Bhayangkara ke 78 di Mako Polres Tojo Una-Una pada Jumat, (21/6/2024).

Tim yang beranggotakan 5 (Lima) orang tenaga teknis tersebut bertugas melakukan proses transfusi darah dari puluhan Personil Kepolisian Resor Tojo Una-Una yang ikut serta mendonorkan darahnya termasuk Kapolres Tojo Una-Una, AKBP Ridwan J.M. Hutagaol.

Menurut Kepala Instalasi Unit Transfusi Darah RSUD Ampana, Salma Kae, Amd. Kes kepada media ini (Jumat, 21/6/2024) mengatakan bahwa pihaknya memiliki tim mobile unit untuk melakukan kegiatan donor massal yang dilaksanakan atas kerja sama dengan berbagai Instansi termasuk Polres Tojo Una-Una yang rutin melakukan donor darah dilingkungan Polres Tojo Una-Una.

“Sebelum masing-masing anggota Polri yang akan mendonorkan darahnya, petugas UTD RSUD Ampana akan melakukan pemeriksaan sesuai prosedur seperti meminta para calon pendonor mengisi formulir yang telah disediakan, pemeriksaan golongan darah dan Hemoglobin (Hb)“. Imbuhnya

Setelah itu, apabila calon pendonor dinyatakan layak untuk mendonorkan darah, para petugas segera melakukan penyadapan darah dikantong-kantong darah yang tersedia dan mengambil darah sebanyak 350 CC pada masing-masing pendonor.

Lebih lanjut Salma menjelaskan bahwa setelah keseluruhan proses donor darah dilakukan, maka kebutuhan darah di Unit Transfusi Darah RSUD Ampana akan bertambah jumlahnya sehingga dapat digunakan oleh pasien yang membutuhkan.

(red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *