Mantan Menkopolhukam Mahfud MD Blak Blakan Bicara Mafia Tambang Di Indonesia

Jakarta, Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopulhukam), Mahfud MD buka suara terkait tambang ilegal di tanah air pada Kamis, (13/6/2024).

Melalui Podcats Terus Terang, Mahfud blak-blakan mengatakan bahwa Indonesia tengah ‘darurat’ praktik mafia dan mafia kini mencengkram sehingga aparat hukum maupun  pemerintah yang berwenang berada dibawah kuasanya.

“Saya beri contoh kasus yang sekarang sedang terjadi nih, betapa mafia itu begitu berkuasa menyebabkan aparat penegak hukum tidak berdaya karena ada dalam cengkramannya”.

“Menyebabkan aparat pemerintah yang berwenang juga tidak berdaya, yakni kasus mafia penambangan emas di Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut)”. Kata Mahfud dalam Podcast Terus Terang

Pria yang dijuluki ‘El taro’ tersebut hendak menceritakan, bahwa yang terjadi di Sangihe merupakan penambangan emas secara liar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan namun Izin Usaha Pertambangan (IUP) tidak memenuhi standar persyaratan.

“Itu ada terjadi penambangan emas secara liar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang IUP nya itu tidak memenuhi syarat”. Ungkapnya

Lebih lanjut Dirinya menuturkan, bahwa kasus di Sangihe sungguh terasa aneh sebab tidak bisa di tindaki atau IUP perusahaan yang melakukan hal tersebut tidak dicabut meskipun sudah ada putusan Mahkamah Agung (MA) pada Februari 2022.

“Pada pertengahan, di bulan Juni 2023 saya mendapat laporan terjadi penambangan emas. Pemerintahnya diam, Kodimnya diam, polisinya diam semua tuh, dengan alasanya izinnya baru dibatalkan belum dicabut oleh kementerian ESDM”. Imbuhnya

Lebih jauh, Mahfud mengakui pada saat itu Ia sampai turunkan tim untuk melakukan peninjauan terhadap aktivitas penambangan ilegal tersebut hingga berhasil mengumpulkan beberapa bukti berupa laporan dan Foto.

“Betul pak terjadi penambangan liar, ketika kami datang kesana gitu kami lihat sepi karena rupanya mereka sudah tahu namun ketika kami jalan ke suatu tempat itu buanyak mobil mobil yang ngangkut ngangkut tuh”. Tutur Mahfud sembari menceritakan kembali laporan Tim yang Ia turunkan di lokasi tersebut.

Hingga di akhir podcast Mahfud menambahkan, bahwa Dirinya punya banyak catatan kasus yang terjadi dimana-mana. bagaimana negara ini mau baik saya sebagai Menkopolhukam sudah buka jalur-jalur yang macet hanya saja pemerintahnya tidak tegas mengurus kasus-kasus seperti itu.

Reporter : Wahyu Lamasinai

Editor     : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *