Sundeki Jadi Maskot KPU Sigi dalam Pilkada 2024

Sigi, Sundeki dipilih menjadi maskot dalam pemilihan kepala daerah dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Sigi.

Maskot kali ini digambarkan dalam sebuah kotak suara berwarna putih oranye yang bersayapkan motif Taiganja yang ditopang oleh dua kakinya yang berwarna abu-abu.

Suandi Thamrin mengatakan, maskot yang dipilih KPU Sigi tetap mengusung tema kearifan budaya lokal yang ada di Sigi.

“Kami ingin memperkenalkan motif taiganja sebagai simbol himbauan kepada masyarakat Sigi bahwa saat nanti pilkada serentak, semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah Sigi,” kata Suandi.

Sundeki adalah singkatan dari Suara Integritas Demokrasi, sedangkan dalam bahasa Kaili sub etnik Ado, Sundeki diartikan sebagai himbauan dan seruan.

“Dengan diluncurkannya tahapan pilkada ini, kita menyerukan untuk masyarakat Sigi untuk bersama-sama bisa menyukseskan pemilihan kepala daerah di tahun 2024,” jelas Suandi.

Dalam maskot ini, motif Taiganja sebagai sayap menyimbolkan sebuah kebebasan. Sedangkan kedua sayapnya berwarna keemasan sebagai simbol manifestasi Kabupaten Sigi menuju era emas.

Kotak suara sebagai tubuh melambangkan kerahasiaan dan integritas. Warna putih di kotak suara melambangkan keterbukaan dan kebebasan, sementara oranye diartikan sebagai kehangatan dalam demokrasi di Pilkada 2024.

Tak hanya maskot, KPU Sigi juga merilis jingle Pilkada 2024 dengan judul Suara Integritas Demokrasi.

Reporter : Nasrullah Malonda

Editor      : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *