BPS Rilis Indeks Demokrasi Indonesia, Sulawesi Tengah Peringkat Keberapa?

Palu, Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan beberapa lembaga lainnya merilis data Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) sepanjang tahun 2023 yang dipublikasikan pada Senin (10/6/2024).

Indeks Demokrasi Indonesia adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk menilai perkembangan demokrasi di Indonesia. IDI mencakup berbagai aspek yang dianggap penting untuk menjalankan demokrasi secara efektif.

IDI menggunakan berbagai indikator yang diperoleh dari sumber data sekunder, survei, dan wawancara dengan narasumber ahli. Indikator-indikator ini kemudian diolah menjadi skor yang mencerminkan kondisi demokrasi di tingkat nasional maupun provinsi.

Berdasarkan data rilisan BPS ini, Bali menjadi provinsi dengan indeks demokrasi tertinggi di Indonesia pada tahun 2023 dengan mengantongi persentase 85,13, disusul oleh DKI Jakarta dengan raihan persentase sebanyak 84,57 dan peringkat ketiga diduduki oleh DIY Yogyakarta  dengan skor 83,88. persen.

Selanjutnya Jawa Barat dengan torehan skor 83,04 persen, Kalimantan Timur 82,28 persen, Jawa Timur 82,01 persen.

Kemudian ada Kalimantan Barat dengan skor 81,69 persen, Jawa Tengah 80,87 persen, Kalimantan Utara 80,47 persen dan peringkat kesepuluh diduduki oleh Kalimantan Selatan dengan skor 80,44 persen.

Sementara Sulawesi Tengah menduduki peringkat ke-13 dengan mengantongi skor 79,13 persen. Angka ini turun dari tahun sebelumnya dengan skor 80,92. Sedangkan pada tahun 2021, Sulawesi Tengah hanya bisa mengantongi skor 77,95 persen.

Adapun penilaian IDI berdasarkan tiga aspek yakni; kebebasan sipil, hak-hak politik dan lembaga-lembaga demokrasi.

Reporter : Nasrullah Malonda

Editor      : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *