Awal Juni PKD Segera Dilantik, Ketua Bawaslu Touna Minta Kedepankan Integritas dan Etika Penyelenggara

Ampana, Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una-Una dalam waktu dekat akan segera di luncurkan oleh KPU Kabupaten Tojo Una-Una. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) sebelumnya telah membentuk jajaran Panwaslu Kecamatan dan selanjutnya membentuk Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang nantinya akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketua Bawaslu Touna, Taufik R liara saat diwawancarai oleh tim bakuatdotcom pada Rabu, (29/5/2024) menyampaikan bahwa proses rekruitment PKD saat ini sudah masuk pada tahapan wawancara dan segera akan diumumkan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan.

“sejauh ini, untuk tahapan rekruitmen panwaslu kelurahan desa itu sudah masuk pada tahapan proses wawancara” ujar Taufik

Taufik juga menjelaskan, bahwa panitia PKD yang memenuhi syarat akan di tetapkan serta diumumkan pada 30 Mei 2024 dilanjutkan dengan pelantikan yang di jadwalkan pada awal Juni mendatang.

“nanti akan diumumkan PKD yang memenuhi syarat itu pada tanggal 30 mei dan akan dilantik pada tanggal 1 dan 2 juni”. Jelasnya

Lebih lanjut, dirinya mengutarakan bahwa para pendaftar yang ditetapkan dan dilantik sebagai PKD harapannya bisa bekerja dengan profesional, mengedepankan etika sebagai penyelenggara, serta menjaga integritas selama menjadi penyelenggara.

“pastinya, mereka orang-orang yang bisa bekerja profesional, berintegritas, dan tentu mereka adalah orang-orang yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan”. Imbuhnya

Untuk diketahui, berdasarkan ketentuan didalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Pengawas Kelurahan/Desa berjumlah 1 (Satu) orang dan bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah ditingkat Kelurahan/Desa.

Reporter : Wahyu

Editor : Redaksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *