KPU Sulteng Gelar Dialog Publik Jelang Pilkada, Hadirkan Betty Epsilon Idroos

Palu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah gelar dialog publik dengan mengusung tema Mewujudkan Pilkada Berintegritas dan Demokratis pada Senin siang (27/5/2024) di Hotel Best Western Coco Palu.

Dalam dialog publik ini turut mengundang Betty Epsilon Idroos, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI, Sahran Raden Akademisi UIN Datokarama Palu, Muhadam Labolo yang juga seorang akademisi jebolan IPDN dan Erik Kurniawan Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi sebagai narasumber dialog publik.

Selain itu, dialog publik ini juga mengundang berbagai organisasi masyarakat maupun mahasiswa, sejumlah partai politik, pimpinan perguruan tinggi dan elemen masyarakat lainnya untuk mengikuti kegiatan yang inisiasi KPU Sulteng ini.

“Karena kami (KPU Sulteng) pengen memberitahukan untuk mewujudkan pemilu berintegritas itu memerlukan yang namanya pendidikan pemilih.  Ini forum buat semua peserta untuk menanyakan segala hal mengenai kepemiluan,” jelas Risvirenol, Ketua KPU Sulteng.

Setiap narasumber memberikan materinya masing-masing mengenai informasi mengenai pilkada.

Dimulai dari Betty Epsilon yang berbicara mengenai pemahaman dasar terkait pemilihan kepala daerah. Kemudian Muhadam Labolo membahas tentang momentum pilkada sebagai penguatan geopolitik Ibu Kota Nusantara.

Dilanjutkan oleh Sahran Raden, seorang dosen Dosen Pengajar Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Dirinya membicarakan terkait Penerapan Pilkada secara inklusif di Sulawesi Tengah dan ditutup oleh materi mengenai data statistik partisipasi Pemilu di Indonesia dari Erik Kurniawan.

Reporter : Nasrullah Malonda

Editor      : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *