KPU Touna Resmi Lantik PPK, Ahdin : integritas 24 jam tidak mengenal tanggal merah

Berita, Daerah68 Views

Ampana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), melantik sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 pada Kamis, ((16/5/2024) Sekitar Pukul 14.20 Wita.

Pelantikan yang dipusatkan di Grand Pink Hotel Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Ampana Kota tersebut, resmi di buka oleh Ketua KPU Touna, Ahdin L Nondo didampingi anggota KPU Touna, Nidaul, Naser Lahay, dan Arfan Patanda serta Sekretaris KPU, Moh Fitrah Akbar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Touna, Taufik R Liara, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), serta Pihak TNI/Polri.

Ahdin pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa Anggota PPK yang terseleksi dan didaulatkan dapat tunduk serta patuh pada aturan dan komitmen yang dibangun pada proses seleksi serta di implementasikan dalam bentuk sikap dan perbuatan.

“para anggota PPK yang terpilih dan dilantik, agar menaati semua komitmen yang sudah dibangun dalam proses seleksi kemarin dijabarkan dalam sikap, perbuatan, dan kerja-kerja di wilayahnya masing-masing,” Ujar Ahdin.

Dirinya menambahkan bahwa setelah anggota PPK didaulatkan, ada perubahan pola kerja yang patut di implementasikan, sebab penyelenggara memiliki istilah ‘Integritas 24 jam’  atau memiliki jam kerja.

“Penyelenggara pemilu tidak memiliki jam kerja. Dalam artian 1 x 24 jam, sehingga muncul istilah integritas 24 jam tidak mengenal tanggal merah atau hari-hari kerja biasa,” Imbuhnya

Lebih lanjut, Ahdin menuturkan bahwa dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 kiranya  dapat terlaksana sesuai harapan dan pastinya segala proses berjalan sebagaimana asas pemilihan yang berlaku sesuai peraturan perundang-undangan.

“Harapannya, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Touna bisa berjalan dengan aman, lancar dan sesuai asas pemilihan dalam aturan perundangan-undangan”. Pungkasnya

Diketahui, pelantikan Badan Ad Hoc PPK akan dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan dilaksanakan pada Jum’at, (17/5/2024). Disamping itu tahapan uji tes untuk pembentukan badan Ad Hoc Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga telah dilaksanakan di hari yang bersamaan.

Reporter : Wahyu Lamasinai
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *