Calon PPK Pilkada 2024 Di Touna Mulai Tes Wawancara, KPU Jadwalkan Lantik 16 Mei

Ampana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una sejak kemarin, Sabtu (11/5) laksanakan tes wawancara calon anggota Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilkada) Serentak 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM), Naser Lahay kepada media ini mengatakan bahwa KPU mulai melaksanakan tes wawancara pada peserta yang telah dinyatakan lulus uji tes CAT yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Tes wawancara dilaksanakan setelah uji tes CAT, dari jumlah peserta 143 orang yang saat tes sekarang yang lolos sampai pada tahapan tes wawancara berjumlah 130 dan 13 orang tereliminasi pada saat tes CAT kemaren”. Ungkap Naser

Naser menambahkan, bahwa tes wawancara calon PPK dijadwalkan selama tiga hari dan proses tahapan pembentukan badan Ad Hoc untuk PPK juga bersamaan dengan Tahapan Divisi Teknis Penyelenggara yaitu tahapan pencalonan jalur perseorangan.

“Dalam tahapan wawancara ini kita diberikan waktu selama 3 hari tanggal 11,12,13. Waktu itu yang kita maksimalkan untuk wawancara calon PPK  yang mengikuti seleksi dan selama tiga hari KPU juga membuka ruang untuk divisi Teknis penyelenggara untuk pendaftaran calon perseorangan”. Ujarnya.

Lebih lanjut Naser menuturkan bahwa, tes wawancara tersebut merupakan proses terakhir dari tahapan pembentukan badan Ad Hoc PPK untuk Pilkada serentak 2024.  Setelah uji tes wawancara, calon jadi berjumlah 5 orang di setiap kecamatan akan di umumkan pada 15 Mei 2024 mendatang.

“pada tanggal 15 nanti In Sha Allah akan kita tentukan siapa yang calon jadi sebagai penyelenggara PPK 5 orang setiap kecamatan” Pungkasnya.

Diketahui, keseluruhan calon anggota PPK terpilih di 12 kecamatan yang akan bertugas pada Pilkada Serentak 2024 yang berjumlah sekitar 60 orang tersebut dijadwalkan akan dilantik oleh KPU Kabupaten Tojo Una-Una pada 16 Mei 2024 mendatang.

Reporter : Wahyu Lamasinai

Editor     : Redaksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *