Hardiknas, Pemda Touna Gelar Upacara Bendera

Ampana, Peringati Hari Pendidikan Nasional 2024, Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan Upacara Bendera. Upacara Bendera tersebut di gelar di Halaman Kantor Bupati Touna, sekitar pukul 07:30, Kamis (02/05/2024).

Sesuai dengan instruksi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) lewat surat edaran tentang pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024. Pemkab Touna melaksanakan Upacara Bendera Hardiknas ke-65 tahun, tingkat Kabupaten.

Dalam amanat Pembina Upacara, Bupati Kabupaten Touna  Mohammad Lahay, S.E., M.M. selaku Pembina Upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A.

Pidato tersebut banyak menyoroti tentang gerakan Merdeka Belajar yang semakin mendekatkan pendidikan di Indonesia dengan cita-cita luhur Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara.

“Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.” Ucap Mohammad lahay membacakan pidato.

Harapannya gerakan Merdeka Belajar ini terus dilanjutkan oleh kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.” Harapnya.

Selepas Upacara Bendera kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah dan penghargaan atas rangkaian acara Hardiknas sebelumnya.

Penulis : Adi

Editor : Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *