Kepulauan Togean Bakal Jadi Kabupaten Baru di Sulawesi Tengah

Palu, Sulawesi Tengah bakal ketambahan satu Daerah Otonomi Baru (DOB), kabupaten baru yakni Kabupaten Kepulauan Togean lewat penetapan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah di pada Selasa, (30/4/2024).

Pemekaran kabupaten baru dari Kabupaten Tojo Una-Una ini didasari oleh pemenuhan berbagai persyaratan dari pemerintah pusat.

Kepada awak media, Alimuddin Muhammad selaku PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-una mengucap syukur dengan dimekarkannya Kabupaten Kepulauan Togean.

“Kami sebagai masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una sangat bergembira dan bersyukur kepada Allah atas perjuangan yang kita lakukan selama beberapa tahun ini sama seperti yang masyarakat inginkan”, tutur Alimuddin Muhammad.

Dengan pemekaran kabupaten baru ini, masyarakat Kepulauan Togean juga diberikan keleluasaan untuk mengelola daerahnya secara mandiri.

“Kita ketahui bahwa ini (Kepulauan Togean) adalah segitiga emas, diantara Wakatobi dan Raja Ampat, yang bisa diandalkan dan dikembangkan sebagai objek wisata,” jelas Alimuddin.

Dirinya juga menambahkan jika Togean sudah memiliki berbagai fasilitas yang memadai sebagai kabupaten baru di Sulawesi Tengah.

Nantinya Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Togean ini ditetapkan di Wakai, Kecamatan Una-Una dan meliputi lima kecamatan lainnya yakni, Kecamatan Togean, Kecamatan Talatako, Kecamatan Batudaka, Kecamatan Walea Kepulauan, Kecamatan Walea Besar.

Penulis : Nasrullah

Editor : Surya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *