Jelang Tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Segera Rekrut Panwascam.

Ampana, Bawaslu Tojo Una-Una- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Touna akan akan bentuk Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Ketua Bawaslu Touna, Taufiq Rizal R Liara, menjelaskan pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan ditandai dengan telah dikeluarkannya Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan Tahun 2024.

Taufiq mengatakan, Sesuai Pedoman tersebut, Pembentukan badan adhoc Panwaslu Kecamatan pada Pilkada 2024 terdiri dari dua tahapan. Tahapan pertama evaluasi terhadap existing, yakni peserta yang berasal dari Anggota Panwaslu Kecamatan yang bertugas pada Pemilu 2024.

“Evaluasi ini akan kita lakukan terhadap Anggota Panwaslu Kecamatan yang bertugas pada Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2024 kemarin, secara objektif sesuai dengan standar evaluasi ,yang telah di tetapkan dalam juknis” ujar Taufiq, (23/4).

Selanjutnya di tahap kedua Proses pendaftaran bagi calon Pendaftar Baru akan dilakukan setelah proses evaluasi selesai.

“apabila dari hasil evaluasi terdapat peserta Existing yang tidak lagi memenuhi Syarat maka dilakukan rekrutmen bagi pendaftar baru sesuai dengan wilayah kerja pada kecamatan yang membutuhkan” pungkasnya.*

(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *