Gunung Ruang Di Sulut Alami Erupsi, PVMBG Sebut Masih Berpotensi Tsunami

Manado, Erupsi besar Gunung Ruang, muntahkan abu Vulkanik menyebabkan pulau Ruang dan sekitarnya terdampak endapan awan panas serta hujan abu lebih besar ketimbang erupsi yang sempat terjadi beberapa kali sebelumnya.

Gunung yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) mengalami erupsi pada Rabu, (17/4/2024) dan sampai dengan hari ini, ratusan warga telah di evakuasi ke tempat aman yang berjarak radius 6 Km dari puncak Gunung Ruang tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Membenarkan bahwa erupsi besar gunung Ruang sudah terjadi 2 kali sejak Selasa, (16/4). PVMBG menyebutkan bahwa masih ada potensi Tsunami yang akan ditimbulkan dari erupsi gunung Ruang tersebut.

PVMBG juga mencatat bahwa pergerakan erupsi Gunung Ruang masih terus terjadi hingga saat ini sebab aktivitas gempa pasca erupsi masih belum stabil. Laporan di lapangan bahwa endapan awan panas dan hujan abu vulkanik masih terus terjadi.

Dari beberapa informasi yang kami himpun, Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulut, di tutup dan beberapa penerbangan terpaksa di tunda sampai dengan Jumat, (19/4/2024) dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan penumpang.

Jika melihat sejarah, gunung yang memiliki ketinggian 725 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) tersebut, pernah mengalami erupsi besar pada 1871 silam yang memicu gelombang tsunami setinggi 24 meter dan menewaskan Sekitar 400 jiwa.

Hingga berita ini di turunkan, PVMBG terus melakukan pemantau sebab status gunung ruang saat diketahui menjadi level IV atau ‘AWAS’. Dan hingga saat ini belum ada korban jiwa pasca erupsi besar gunung Ruang.

(wl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *