KPU Sulteng Mulai Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Tingkat Provinsi

Bakuat – Palu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024 tingkat di Aula KPU Provinsi pada Senin, (4/3/2024) sekitar Pukul 14.00 Wita.

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tersebut dibuka sekitar pukul 14.00 Wita oleh ketua KPU Sulteng, Risvirenol dan dihadiri oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, KPU 13 Kabupaten/kota Se Sulteng serta sejumlah saksi Partai politik dan mendapat pengawalan dari personil TNI dan Polri.

Diumlai dengan pembacaan tata tertib rapat pleno kemudian penyerahan berkas formulir D Hasil kepada KPU Provinsi Sulteng yang dimulai dari KPU Kabupaten Parigi Moutong dan di ikuti oleh jajaran KPU kabupaten/Kota lainnya.

Sejauh ini, untuk menjaga kondusifitas dalam pelaksaan Pleno KPU Provinsi libatkan kerjasama dengan Polda Sulteng untuk perketat keamanan selama Pleno terbuka penghitungan perolehan suara serta penetapan hasil pemilu serentak Tahun 2024 di tingkat Provinsi masih berlangsung.

Berdasarkan pantauan dilokasi kegiatan, terdapat 13 Kabupaten/Kota Se Sulteng yang akan melaksanakan Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi. Sementara ini baru Kabupaten Parigi Moutong yang sedang melaksanakan Rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, KPU Provinsi masih terus melaksanakan proses rekapitulasi di tingkat Provinsi selama kurang lebih 5 hari kedepan sejak 4 Maret hingga 9 maret 2024 sebagaimana ketentuan didalam petunjuk teknis (juknis) 219 yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Untuk diketahui, Untuk pelaksanaan Rekapitulasi penghitungan perolehan suara pada pemilu serentak tahun 2024 KPU Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan 3 Kabupaten setiap harinya dengan pertimbangan situasi nantinya.

(wl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *