Ada Selisih Suara Pilpres, KPU Touna Bersiap Laksanakan ‘PSU’

Bakuat – Ampana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tojo Una-Una bakal melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) pada 22 Februari 2024 mendatang di salah satu TPS di Desa Loe, kecamatan Walea Kepulauan.

Pelaksanaan PSU tersebut dibenarkan Ketua KPU Tojo Una-Una, Ahdin L. Nondo saat ditemui media ini diruang kerjanya, Sabtu malam (17/2/2024).

Menurut Ahdin, berdasarkan laporan yang diteruskan dari PPK dan diterima oleh KPU Tojo Una-Una dan juga adanya rekomendasi dari Bawaslu, maka pihaknya berkewjiban melaksanakan PSU di TPS tersebut.

“kami juga sudah menerima juga laporan eh usulan dari kpps melalui ppk kecamatan wakep terkait pelaksanaan PSU, disamping itu kami juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu”. Imbuhnya

Ia menambhakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulawesi Tengah dan merencanakan pelaksanaan PSU pada 22 Februari 2024 mendatang.

“Hari ini di plenokan untuk melakukan PSU”. Ujarnya

Ahdin melanjutkan bahwa PSU dilaksanakan oleh pihaknya setelah pada hari pemungutan suara 14 Februari yang lalu, ditemukan adanya pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali, sehingga menyebabkan terjadinya selisih suara pada kategori pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS tersebut.

“Untuk wakep sendiri untuk TPS 1 desa Loe ini, adanya pemilih yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali”. Tambahnya

Dirinya juga menegaskan bahwa pelaksanaan PSU di Desa Loe nantinya akan dilakukan untuk kategori Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Sebagaimana yang dilaporkan hanya terjadi di jenis pemilu pasangan presiden dan wakil presiden karena ada indikasi, karena terjadi selisih jumlah surat suara yang dihitung dengan jumlah daftar hadir dan perbedaan dengan surat suara yang ada didalam kotak suara ppwp dengan kotak kotak yang lain”. Pungkasnya

Untuk diketahui, Pemungutan Suara Ulang (PSU) juga pernah terjadi pada pemilu 2019 silam di Desa Loe, kecamatan Walea Kepulauan untuk kategori pemilihan DPRD Kabupaten, dan kini kembali terjadi namun dengan jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca terkait : https://bakuat.com/2024/02/17/sejumlah-tps-di-sulteng-berpotensi-psu-berikut-daftarnya/

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini, di Provinsi SUlawesi Tengah setidaknya terdapat 27 potensi PSU pasca pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024 yang lalu.

(red)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *