KPU Touna Bakar Dan Musnahkan Surat Suara

Bakuat- Ampana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tojo Una-Una bakar musnahkan ribuan surat suara rusak dan kelebihan surat suara pasca sortir lipat di gudang logistik KPU Tojo Una-Una, Jalan Nggai, kecamatan Ampana Kota, Selasa sore (13/2/202).

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan KPU Tojo Una-Una dengan cara di bakar dan disaksikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Tojo Una-Una, Taufiq Rizal, Arfan Tandje, Gafril, Kapolres, AKBP Ridwan J.M. Hutagaol, Kajari Tojo Una-Una, Pilipus Siahaan, Kasatpol PP, Ihsan Badwi, Perwira Penghubung TNI.

Dalam sambutannya sesaat sebelum pemusnahan, Ketua KPU Tojo Una-Una, Ahdin L. Nondo menyampaikan bahwa ribuan surat suara yang rusak maupun kelebihan tersebut dimusnahkan dikarenakan keterpenuhan surat suara di masing-masing TPS telah mengcukupi dan memenuhi kebutuhan untuk pelaksanaan pemungutan suara nantinya.

“surat suara yang akan kita musnahkan pada hari ini yakni surat yang rusak dan kelebihan dari kebutuhan” Imbuh Ahdin

Ahdin juga menambahkan bahwa pihaknya sebagaimana ketentuan yang ada, perlu memusnahkan surat suara lebih maupun yang rusak sehari sebelum pemungutan suara.

“sesuai aturan dimana pemusnahan di lakukan pada H-1 pencoblosan” Tambahnya

Sebelumnya, KPU Tojo Una-Una telah melakukan proses pensortiran, pelipatan, dan pengepakan surat suara pemilu ke dalam kotak suara dan telah di distribusikan oleh KPU Tojo Una-Una, sehingga kelebihan dan surat suara yang rusak segera dilakukan pemusnahan mengingat besok Rabu, 14 Februari 2024, seluruh masyarakat kabupaten Tojo Una-Una dan masyarakat lainnya di berbagai daerah di Indonesia akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara untuk memilih calon presiden dan wakil presiden maupun yang akan mewakili suara rakyat di parlemen.

(red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *