KPU Touna Mulai Distribusi Kotak Suara, Prioritaskan Daerah Sulit

Bakuat – Ampana, KPU Tojo Una-Una mulai mendistribusikan logistik pemilu 2024, Kamis, (8/2/2024).

Pergerakan logistik pemilu terpantau mulai Pukul 18.30 Wita, dikeluarkan dari gudang logistik KPU yang berada di jalan Nggai, kelurahan Labiabae dan diangkut menggunakan truk untuk dibawa ke pelabuhan desa Labuan dan rencananya akan berangkat menuju wilayah kepulauan Togean.

Tampak Pimpinan KPU Tojo Una-Una, Bawaslu Tojo Una-Una, pihak Kepolisian, TNI, dan Kejaksaan Tojo Una-Una juga terlihat memantau jalannya pemuatan logistik pemilu 2024 tersebut.

Ketua KPU Tojo Una-Una, Ahdin L. Nondo di lokasi itu mengatakan pihaknya mulai mengangkut logistik dari gudang untuk dibawa ke pelabuhan desa Labuan, sebelum keesokan paginya mulai di distribusikan ke wilayah kepulauan Togean menggunakan 2 kapal muat Raja Ratu.

“Malam ini mulai kita muat naik keatas kapal, besok pagi mulai dibawa ke wilayah pulau”. Imbuhnya

KPU Tojo Una-Una memasukkan kotak suara kedalam kapal muat Raja Ratu (RR). Kamis, malam (8/2/2024)

Ahdin menambahkan, pihaknya juga sebelumnya telah membuat jadwal pendistribusian logistik untuk wilayah lainnya, namun dikarenakan kepulauan Togean logistik harus menyeberang laut, maka pihaknya mendahulukan distribusi logistik pemilu 2024 dan menyusul daerah yang bisa di akses menggunakan jalur darat.

“Karena wilayah pulau masuk kategori daerah sulit, menyeberang air, jadinya kita dahulukan pendistribusiannya”. Ujar Ahdin

Lebih lanjut Ahdin menegaskan bahwa pihaknya berharap agar tidak terjadi kendala yang berarti saat pendistribusian agar seluruh TPS dapat melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 nantinya.

“Harapan kita tidak ada kendala yah, supaya masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya saat hari pencoblosan”. Pungkasnya

Untuk diketahui, seperti dilansir dari Wikipedia, Kabupaten Tojo Una-Una memiliki wilayah geografis 6 Kecamatan di wilayah darat dan 6 Kecamatan lainnya di wilayah laut, kepulauan Togean dengan luas keseluruhan Kabupaten Tojo Una-Una yakni 5.721,51 km2 (2,209,09 sq mi).

(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *