Pasca Debat Cawapres, Gibran Tuai Sorotan

Bakuat – Palu – Debat cawapres semalam berjalan dengan apik pada Minggu malam 21 Januari 2024 yang disiarkan langsung di berbagai saluran.

Berbagai pernyataan maupun sanggahan terlontar dari mulut cawapres diikuti dengan riuh gaduh dari pendukungnya masing-masing.

Namun seusai debat, netizen pun tak mau kalah untuk memberikan pernyataannya terkait debat yang baru selesai.

Gibran Rakabuming, pasangan Prabowo Subianto justru menuai berbagai sentimen negatif dari warga netizen akibat responnya yang dinilai mengejek para lawannya.

Di media sosial X misalnya, dalam kurun waktu berlangsungnya debat Gibran Rakabuming di mention sebanyak 142.469 kali.

Dari total jumlah mention putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut, setidaknya sebanyak 60% adalah sentimen negatif disusul sentimen positif sebanyak 33% dan 7% sisanya netral.

Berdasarkan Drone Emprit (alat yang memonitor percakapan netizen di media sosial) Gibran dinilai terkesan melanggar aturan dalam berdebat dengan meninggalkan podium saat berbicara, tidak memiliki adab, menggunakan gaya yang konyol dalam debat, serta dianggap sombong dan merendahkan lawannya.

Selain itu tak sedikit juga yang bercuit di media sosial X bahwa performa Gibran menurun dari sebelumnya.

Semisal cuitan yang diunggah oleh akun @ferrizafca “Arogansi dan kesombongan akan merendahkan sekali juga menjatuhkan kwalitas diri nya sendiri sebagai cawapres yg lahir dri pelanggaran etika MK”. Cuitan lainnya juga diunggah oleh akun @Jelli_cent, “Mewakili generasi malas.. yg cm bisa memanfaatkan ortu krn dirinya ga kapabel”. Dan berbagai sentimen negatif dari berbagai akun X lainnya.

Namun terlepas dari berbagai respon negatif, ada juga yang memuji Gibran karena dinilai memiliki kemampuan berbicara yang baik dan fokus pada visi misi tanpa menggunakan teks maupun bisikan.

Sumber Foto : Instagram @gibran_rakabuming

(nsl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *