Permandian Malotong, Masih Jadi Sasaran Berlibur Warga Ampana

Ampana – Wisata permandian alam Malotong selalu ramai pengunjung disetiap akhir pekannya dan menjadi salah satu tujuan menghabiskan hari libur bagi masyarakat di Kabupaten Tojo Una-Una. Minggu, (10/12/2023).

Padatnya pengunjung pada hari libur membuat kawasan wisata ini membuat para pedagang yang berjualan disekitar lokasi permandian dapat meraup keuntungan ekonomi, disamping dapat menambah retribusi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una.

Retribusi dan biaya masuk ke kawasan wisata Permandian Malotong relative murah dan dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat, karena biaya masuknya yang murah, hanya sebesar Rp. 5000/Orang.

Salah satu keunikan wisata permandian Malotong adalah airnya yang jernih dan bersumber dari mata air alami, dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan kolamnya tidak begitu dalam, sehingga tidak membahayakan bagi anak-anak untuk berenang.

Tak hanya anak-anak, usia muda dan orang dewasa, juga terlihat menikmati suasana kawasan permandian Malotong bersama keluarga mereka.

Salah seorang pengunjung, Jida saat diwawancara oleh bakuat.com mengatakan bahwa dirinya setiap hari libur selalu mengunjungi wisata permandian Malotong.

“Saya sih terhibur dan bahagia kalau datang kemari leaa ,” Ungkapnya.

Jida menambahkan bahwa Ia ke wisata permandian Malotong tak hanya sekedar menikmati kesejukan air di kolam alam tersebut, namun dirinya juga dapat menikmati jajanan pisang goreng dan jajanan lain yang dijual oleh para pedagang ditempat tersebut, disamping menghilangkan kepenatan dari aktifitasnya sehari-sehari sebagai karyawan.

“tiap akhir pekan saya kesini ba jajan. Biasa juga kalau gabut katanya saya akan putuskan pergi menghibur diri di permandian ini,” Tambah remaja kelahiran 2001 ini.

Salah satu petugas penjaga di lokasi permandian Malotong, Arfan mengungkapkan bahwa setiap hari libur dan akhir pekan, wisata permandian Malotong masih menjadi sasaran berlibur bagi masyarakat kabupaten Tojo Una-Una.

“Alhamdulillah, mas. Malotong masih menjadi destinasi unggulan dari sekian banyak destinasi di Ampana ini,” ucap Arfan, salah seorang yang berjaga di malotong. Arfan mengaku malotong tidak pernah sunyi apalagi di hari Sabtu dan Minggu, pengunjung membludak hingga mencapai 300 orang pengunjung”. Ungkap Arfan

Arfan melanjutkan bahwa retribusi dan tiket masuk yang relative murah menjadi salah satu alasan warga datang ke permandian Malotong, disamping itu dirinya juga menghimbau kepada para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga lingkungan tetap bersih di kawasan tersebut.

“Tiketnya itu 5000 perorang, tidak pernah menjadi keluhan pengunjung, hanya saja kesadaran pengunjung terhadap sampah masih kurang”. Tukasnya

Seperti diketahui, lokasi permandian alam Malotong berada tepat di pintu masuk menuju Kota Ampana, Ibukota Kabupaten Tojo Una-Una.

(wl)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *